Cara Menulis Surat

Jika Anda mengirim resume Anda ke calon majikan melalui surat atau faks, Anda harus mengirim surat. Anda perlu menggunakan surat pengantar untuk membuat kesan yang baik bagi pemberi kerja atau perekrut untuk membaca resume Anda. Ini akan memiliki dampak yang lebih besar jika ditulis secara individual sebagai tanggapan terhadap makalah atau iklan tertentu.

Dalam hal aplikasi email, dapat diterima untuk menulis paragraf pendek dari beberapa kalimat yang menjelaskan di mana Anda mendengar tentang fungsi dan mengapa kualifikasi dan pengalaman Anda sempurna untuk pekerjaan itu. Anda harus memastikan bahwa nada teks itu formal, seperti halnya dengan surat kertas. Adalah kesalahan untuk menjadi terlalu informal, karena ini dapat dilihat sebagai tidak profesional.

Ketika melakukan segala jenis pekerjaan atau aplikasi spekulatif di mana Anda mengirim CV ke perusahaan / agen tanpa ada kekosongan dalam pikiran atau secara spesifik di mana Anda mengirim resume Anda sebagai tanggapan terhadap iklan untuk pekerjaan tertentu, format cakupan umum sama saja https://customkreatif.com.

Berikut adalah sepuluh aturan teratas yang harus diingat ketika menulis surat pengantar.

1. Surat pengantar terdiri dari satu halaman kertas putih polos A4.

2. Anda harus menggunakan font yang menawarkan tampilan yang bersih dan jelas. Arial lebih baik

3. Bertujuan untuk maksimal tiga paragraf. Ingat sederhana itu lebih baik

4. Gunakan bahasa yang optimis dan positif dan hindari pernyataan yang berlebihan

5. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan, tata bahasa, atau tanda baca.

6. Selalu gunakan tinta hitam.

7. Ekspresikan diri Anda dengan percaya diri.

8. Bila mungkin, tulis kepada seseorang yang bernama

9. Surat pengantar harus dirancang khusus untuk setiap aplikasi

10. Jadilah singkat dan to the point. Cobalah untuk menghindari mengulangi apa yang ada di resume Anda.

Format Surat Pengantar

Informasi kontak Anda

Ini harus mencakup nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email Anda jika ada. Ingatlah untuk memudahkan majikan untuk menghubungi Anda.

Rincian Perusahaan / Agen

Ini harus mencakup siapa yang menulis surat, nama perusahaan, dan alamat lengkap. Jika Anda tahu nama orang itu, misalnya jika disebutkan dalam iklan, gunakan itu. Jika tidak ada nama spesifik yang disebutkan, gunakan judul departemen, mis. Manajer personalia atau direktur pelaksana

Pertemuan

Anda harus menggunakan format tanggal secara penuh misalnya. 27 April 2006 dan bukan 27/4/06

Salam dan Pembukaan

Jika Anda tahu namanya, gunakan, misalnya Dear Mr. Smith. Jika Anda tidak tahu, gunakan Dear Sir / Madam. Lebih baik menggunakan nama. Situs web perusahaan seringkali merupakan tempat yang baik untuk mencari individu yang tepat.

Judul surat itu

Tengahkan dan cetak tebal teks. Ini akan memberi tahu penerima segera bahwa itu adalah aplikasi

Paragraf 1 – Mengapa Anda menulis

Anda ingin mencoba dan mendapatkan minat dari atasan. Anda harus memulai surat dengan alasan untuk menulis dan menunjukkan posisi yang Anda lamar bersama dengan apa yang Anda dengar tentang posisi tersebut. Ini juga merupakan tempat yang baik untuk mengatakan, jadi mengapa Anda tertarik pada posisi dan menunjukkan minat yang tulus pada perusahaan. Situs web perusahaan akan menjadi sumber informasi dasar yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *